Bupati Ciamis Pimpin Apel Sinergitas Penanggulangan Bencana


Kab.Ciamis Tentara Polisi

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya memimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana dalam upaya meningkatkan kesiapsiagaan penanggulangan bencana di Kabupaten Ciamis tahun 2020 bertempat di Depan Pendopo Bupati Ciamis, selasa (27/10/2020).

Kegiatan apel tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Ciamis, Pj Sekda, Asisten Sosekbang, Pimpinan Instansi vertikal BUMN/BUMD, serta unsur Forkopimda dan SKPD lingkup pemerintahan kabupaten Ciamis.

Serta diikuti oleh puluhan personel yang terdiri dari pasukan Polri, TNI, BPBD, Dinas Perhubungan, Satpol PP serta PMI.

Dalam kesempatan itu Bupati Ciamis mengatakan kegiatan tersebut merupakan upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia untuk pengurangan risiko bencana di Kabupaten Ciamis.

"Tingkat kesiapsiagaan harus terus kita tingkatkan, agar kewajiban kita dalam melindungi masyarakat dari berbagai ancaman dapat dijalankan secara efektif," ungkap Herdiat.

Herdiat mengungkapkan bahwa Kabupaten Ciamis menurut catatan BNPB  tentang indeks area rawan bencana di Indonesia termasuk daerah yang memiliki kerentanan tinggi.

"Kabupaten Ciamis merupakan daerah yang memiliki tingkat kerentanan tinggi terhadap bencana, yaitu berada di urutan ke 16 dari 494 kabupaten di Indonesia."

"Sedangkan untuk tingkat Provinsi kita berada di urutan ke 5 dari 26 Kabupaten/Kota se Provinsi Jawa Barat," jelasnya.

Bupati menuturkan efek dari potensi bencana tersebut menyebabkan pula pada tingginya potensi kerugian harta termasuk korban jiwa.

Merujuk hal itu beliau mengajak semua pihak untuk berpartisipasi aktif dalam berbagai upaya pengurangan resiko bencana, sesuai denga tugas pokok dan fungsi masing-masing.

"Kita semua baik pemerintah maupun masyarakat dan sector swasta dalam kegiatan ini memiliki kewajiban untuk sama-sama berpartisipasi aktip dalam upaya pengurangan risiko bencana,"tandasnya.

Selanjutnya Herdiat menyampaikan cuaca di Ciamis beberapa hari ini cukup ekstrim, sehingga menyebabkan bencana di beberapa daerah di Ciamis.

"Cuaca akhir-akhir ini cukup ekstrim, terutama di Ciamis selatan terjadi banjir dan gempa, sehingga mengakibatkan beberapa rumah rusak dan bahkan ambruk,"tuturnya.

Terakhir Bupati Ciamis berharap pada seluruh hadirin untuk menyosialisasikan pada masyarakat untuk lebih waspada.

Serta dengan kegiatan ini diharapkan peserta dapat mempasilitasi ruang partisipasi para pemangku kepentingan dan masyarakat dalam memobilisasi sumber daya yang ada untuk upaya penanganan darurat bencana. ( Die/Humas).

Postingan populer dari blog ini

Camat Rajapolah Yana Hermana,S.E,M.M Menghimbau Warganya agar Menjaga Pola Hidup Sehat dan Sesuai Protokol Kesehatan Disaat Pandemi Covid 19

Wabup Yana : Potensi Ekonomi Kreatif di Ciamis Harus Diperhatikan

Dua Kecamatan di Kabupaten Ciamis Dilanda Banjir