Kades Ade Lukmanul Hakim,A.Md Prioritaskan Penanganan Sampah Melalui Pembangunan TPA


Kab.Tasikmalaya Tentara Polisi

Guna menanggulangi permasalahan sampah, pemdes Tanjung Mekar kecamatan Jamanis Kab.Tasikmalaya salah satunya memprioritaskan  pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Disampaikan kades Tanjung Mekar Ade Lukmanul Hakim,A.Md, Sabtu,17,/10/2020, Pemdes Tanjung Mekar telah mengalokasikan Anggaran Dana Desa Tahun 2020 salah satunya Pembuatan TPA, pasalnya sampah menjadi salah satu permasalahan yang cukup serius guna Ia ditanggulangi bersama dan menjadi prioritas kerja, berjalannya waktu semakin banyak ragam dan jenis sampah, serta hal ini menjadi program kerja dalam penanganannya, sehingga diharapkan usai pembangunan TPA tidak lagi terlihat sampah yang berserakan dan dibuang sembarangan dilingkungannya.

Lanjut Ade, sebagian besar sampah berasal dari sampah rumah tangga hingga kegiatan usaha, ditambah lagi dengan permasalahan sampah yang belum terangkut ke tempat pembuangan akhir hingga menjadi penumpukan, semoga upaya ini dapat berjalan maksimal dan Tanjung Mekar terbebas dari sampah. Menyadari akan hal tersebut, maka masyarakat perlu mengurangi volume sampah dan membiasakan diri mengurangi penggunaan bahan sampah. Ucapnya.

Lebih lanjut Ade Lukmanul Hakim,A.Md menuturkan, dengan dibangunnya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) diharapkan  sampah bisa menjadi salah satu solusi terutama untuk sampah-sampah yang berasal dari rumah tangga.

Dan pada saat ini alhamdulillah, TPA yang berada di Kp.Muhara telah berjalan dengan baik, salah satunya menyertakan para pemuda beserta karang taruna dalam upaya menarik dari rumah ke rumah dan pelaku usaha, sehingga penanganan sampah dapat berjalan dengan baik. 

Tidak hanya itu, diharapkan di kewilayahan lainnya pun dapat dibangun TPA dalam upaya memecahkan permasalah sampah,  diharapkan elemen masyarakat bisa lebih berperan aktif sehingga kehadiran TPA bisa mendongkrak PAD desa yakni dengan cara memilah dan memilih sampah yang ada agar bisa didaur ulang dan menambah penghasilan, intinya mari kita bersama bekerja guna mewujudkan harapan kita bersama Tanjung Mekar bersih dan nyaman dengan lingkungan yang asri. Tutupnya.

Reporter. : Die

Postingan populer dari blog ini

Camat Rajapolah Yana Hermana,S.E,M.M Menghimbau Warganya agar Menjaga Pola Hidup Sehat dan Sesuai Protokol Kesehatan Disaat Pandemi Covid 19

Wabup Yana : Potensi Ekonomi Kreatif di Ciamis Harus Diperhatikan

Dua Kecamatan di Kabupaten Ciamis Dilanda Banjir