Kopi Gunung Sawal Asal Desa Sukamaju Kian Digaandrungi

 


Kab.Ciamis Tentara Polisi

Desa Sukamaju kecamatan Cihaurbeuti berada di kaki Gunung Sawal memiliki aneka ragam hayati dan wisata desa yang beragam, salah satunya desa Sukamaju memilki kopi khas Gunung Sawal yang kian digandrungi. 

Disampaikan Ir.Aef petani kopi sekaligus peracik Kopi Gunung Sawal,rabu,21/10/2020 jenis Kopi yang biasa Ia sajikan ada 2 jenis yakni kopi robusta dan arabica serta gula semut yang di produksi langsung oleh Koptan Kemutif desa Sukamaju secara manual.Katanya.

Lanjut Aef, untuk kopi Gunung Sawal sendiri yang paling digemari adalah kopi Robusta,pasalnya kopi robusta merupakan jati diri kab.ciamis, kopi tersebut tumbuh bagus didataran rendah kurang dari 1000 m dari permukaan laut dan kopi robusta itu sendiri sangat bagus untuk kesehatan.

Sementara kopi Arabika tumbuh didataran tinggi 1000 s.d 2000 m dari permukaan laut.


Arabika lebih diminati karena aroma dan cita rasanya yang unik,ciri khas kooi arabika adalah rasanya yang asam dan warna seduhan yang tidak pekat.

Dan untuk kopi Gunung Sawal itu sendiri memiliki ciri khas dan logo 24 yang artinya Two and Four yang berarti Satu dalam kebersamaan, baik dalam penanaman,pengolahan maupun dalam penjualan dilakukan secara bersama demi terwujudnya kebersamaan dan seragam dalam mempertahankan kualitas.Imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, turut menikmati sajian kopi Gunung Sawal tersebut yakni Pendamping Desa bidang Pemberdayaan Tingkat Kecamatan Ujen Jenal Abidin, M.Pd dan Pengurus e-waroeng desa Sukahurip Didin, ikut menikmati sajian Kopi Gunung Sawal bertempat di Bumdes Sukamaju.

Tidak hanya itu, para pengunjung Kopi Gunung Sawal pun banyak berdatangan dari luar kab.Ciamis, mereka menikmati kopi dan membelinya sebagai suvenir. 

Reporter.   Die

Postingan populer dari blog ini

Camat Rajapolah Yana Hermana,S.E,M.M Menghimbau Warganya agar Menjaga Pola Hidup Sehat dan Sesuai Protokol Kesehatan Disaat Pandemi Covid 19

Wabup Yana : Potensi Ekonomi Kreatif di Ciamis Harus Diperhatikan

Dua Kecamatan di Kabupaten Ciamis Dilanda Banjir